makanan khas minahasa

Dari Tanah Minahasa, Sulawesi Utara, hadirlah kelezatan makanan khas Minahasa yang menggugah selera, siap memanjakan lidah Anda dengan rasa autentik. Di negeri kita yang kaya akan keanekaragaman kuliner, makanan khas Minahasa memang menjadi sorotan utama. Mereka tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan pengalaman kuliner yang luar biasa bagi para pecinta makanan asli Indonesia.

Dari hidangan-hidangan yang disajikan, Anda akan menemukan ragam olahan yang memikat hati. Tak jarang, beberapa di antaranya bahkan disebut sebagai “ekstrem” karena penggunaan bahan-bahan yang unik dan berani. Ini adalah ciri khas dari masakan Minahasa yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

Suku Minahasa, yang mayoritas berdomisili di wilayah Pulau Sulawesi Utara, menjadi penjaga warisan kuliner ini. Terutama di kota Manado, identitas kuliner Minahasa semakin kuat terasa. Oleh karena itu, tak heran jika beberapa hidangan memiliki kemiripan dengan masakan khas Manado.

Jadi, jika Anda ingin merasakan kelezatan yang tiada tara, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas Minahasa ini. Dari aroma hingga cita rasanya, setiap suapannya akan membawa Anda pada petualangan kuliner yang tak terlupakan.

makanan khas minahasa

Rasakan Kelezatan Makanan Khas Minahasa yang Menggugah Selera

Agar tidak penasaran apa saja makanan khas Minahasa yang khas dan menggugah selera makan Anda. Ini dia jawabannya!

1. Nasi Jaha

Dari Tanah Minahasa, hadirlah Nasi Jaha, hidangan yang menggoda dengan rasa lezat dan mengenyangkan. Meskipun disebut nasi, namun hidangan ini sebenarnya terbuat dari beras ketan yang diolah dengan santan dan rempah-rempah pilihan.

Proses memasaknya memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan cita rasa yang khas. Mulai dari merendam beras ketan dengan santan kelapa, hingga memberikan sentuhan rempah seperti jahe, bawang, kemiri, kunyit, dan pandan.

Semua bahan ini kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang dalam potongan bambu hingga matang sempurna.

2. Cakalang Fufu

Menghadirkan cita rasa makanan khas Minahasa yang tak terlupakan, Cakalang Fufu menjadi pilihan makanan khas yang cocok sebagai oleh-oleh. Hidangan ini tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki daya tahan yang luar biasa, bisa disimpan selama berminggu-minggu tanpa kehilangan kualitasnya.

“Fufu” sendiri dalam bahasa lokal berarti “di asap”, yang menjelaskan proses pengolahan ikan Cakalang yang diasapi untuk menciptakan cita rasa yang unik.

Prosesnya pun tidak sembarangan. Ikan Cakalang dibersihkan secara menyeluruh, kemudian diberi bumbu khas Minahasa seperti jahe, lengkuas, sereh, dan bawang. Sebelum diasapi, ikan ini juga dijepit dengan bambu untuk memudahkan dalam proses pengolahan.

3. Tinutuan

Tinutuan, yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah bubur, merupakan salah satu makanan khas Minahasa yang benar-benar unik. Berbeda dengan bubur biasa yang biasanya menggunakan daging ayam atau sapi sebagai topingnya, Tinutuan sepenuhnya terbuat dari hasil alam, seperti bayam, kangkung, labu, dan jagung.

Untuk memberikan rasa yang lebih kaya, biasanya ditambahkan juga dengan ubi jalar. Penyajiannya dilengkapi dengan taburan bawang goreng dan daun kemangi, menciptakan harmoni cita rasa yang tiada duanya.

Tak heran, suku Minahasa kerap menyantap Tinutuan di pagi hari sebagai sarapan, untuk memberi energi sebelum memulai aktivitas sehari-hari.

4. Gohu

Meskipun terlihat mirip dengan asinan, Gohu adalah makanan khas Minahasa yang memiliki karakteristik dan cita rasa tersendiri. Menggunakan bahan utama dari pepaya muda atau setengah matang, hidangan ini disajikan dengan cuka, terasi, gula aren, dan jahe, memberikan rasa yang unik dan menggoda selera.

Tidak hanya itu, keunikan Gohu semakin terasa dengan tambahan Bakasang, yang merupakan fermentasi dari perut ikan atau telur, memberikan aroma dan cita rasa yang khas. Meskipun aroma terasi mungkin cukup kuat bagi beberapa orang, namun rasanya yang khas membuat Gohu menjadi hidangan yang patut dicoba bagi pecinta kuliner.

5. Sambal Roa

Menggunakan bahan utama dari ikan Roa, Sambal Roa menjadi makanan khas Minahasa yang tak boleh Anda lewatkan karena kelezatannya. Ikan Roa, yang merupakan salah satu jenis ikan terbang, memberikan karakteristik unik pada hidangan ini.

Sebelum diolah menjadi sambal, ikan Roa diasapi terlebih dahulu, memberikan aroma yang khas dan kuat. Sambal Roa ini diberi berbagai rempah, terutama cabai, menciptakan cita rasa pedas yang menggugah selera.

Rasanya yang pedas namun tetap lezat membuat Sambal Roa menjadi pelengkap sempurna untuk hidangan Minahasa lainnya.

6. Tinoransak

Tinoransak, sajian yang sering disandingkan dengan Nasi Jaha karena proses pembuatannya yang mirip. Berbahan dasar daging, bisa dari ayam, sapi, kambing, hingga daging babi, makanan khas Minahasa ini memiliki cita rasa pedas dengan aroma dan rasa yang kuat dari campuran rempahnya.

Daging yang telah dibersihkan dicampur dengan rempah pilihan, seperti jahe, cabai, dan kunyit yang telah dibakar terlebih dahulu. Setelah bahan-bahan tercampur sempurna, campuran tersebut dimasukkan ke dalam potongan bambu dan dibakar hingga matang, serupa dengan proses pembuatan Nasi Jaha.

makanan khas minahasa

Seluruh makanan khas Minahasa ini menambah daftar panjang kelezatan kuliner Minahasa yang patut Anda coba. Nikmati sensasi cita rasa yang khas dan memikat serta temukan petualangan kuliner yang tiada duanya di Tanah Minahasa bersama Altha Rent.