Objek Wisata di surabayPemandangan alam objek wisata di surabaya | sumber salsawisata.com/tempat-wisata-surabaya/

Obyek wisata merupakan tempat-tempat menarik yang dikunjungi oleh para wisatawan untuk berbagai alasan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya artikel tentang obyek wisata di Pasuruan.  Salah satu manfaat utama obyek wisata adalah untuk memberikan hiburan dan rekreasi bagi pengunjung. Tempat-tempat seperti taman hiburan, taman nasional, pantai, dan tempat bersejarah adalah destinasi yang sering dijadikan pilihan untuk bersantai dan menikmati waktu luang.

 Selain itu, obyek wisata juga memiliki manfaat ekonomi yang signifikan. Mereka menciptakan lapangan pekerjaan, mempromosikan perdagangan lokal, dan menghasilkan pendapatan melalui wisatawan yang menghabiskan uang di area tersebut. Ini memberikan dorongan ekonomi yang signifikan bagi komunitas setempat dan kawasan sekitarnya. 

Selain itu, obyek wisata juga dapat mempromosikan pemahaman dan penghormatan terhadap budaya dan lingkungan yang berbeda, meningkatkan kesadaran lingkungan, serta membangun kesadaran akan pentingnya pelestarian alam dan warisan budaya. Dengan demikian, obyek wisata memiliki manfaat yang jauh lebih dalam daripada sekadar hiburan semata.

Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, memiliki sejumlah obyek wisata menarik yang menawarkan berbagai pengalaman. Salah satu destinasi utama adalah Monumen Kapal Selam, yang merupakan kapal selam penjelajah kelas Whiskey yang telah diubah menjadi museum menarik. Pengunjung dapat menjelajahi interior kapal selam dan mendapatkan gambaran tentang kehidupan di dalamnya. 

Taman Bungkul

Tamam Bungkul Surabaya | sumber : surabayarollcake.com/blog/prestasi-keindahan-taman-bungkul

Taman wisata ini adalah ruang terbuka hijau yang populer di tengah kota, tempat para penduduk setempat berkumpul untuk bersantai. Taman ini dikenal dengan berbagai kuliner lezat yang ditawarkan oleh penjual kaki lima di sekitarnya.

Lebih lanjut lagi, Taman Bungkul di Surabaya adalah salah satu objek wisata perkotaan yang menawan dengan berbagai keunikan. Terletak di tengah keramaian kota, taman ini menawarkan oase hijau yang damai bagi warga setempat dan wisatawan. 

Keunikan Taman Bungkul terletak pada desainnya yang modern dan inovatif, dengan sejumlah patung kucing besar yang menjadi ikonnya. Selain itu, taman ini juga dikenal dengan berbagai stan makanan yang menyajikan beragam kuliner khas Surabaya, membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk mencicipi hidangan lezat sambil menikmati suasana taman yang hijau.

 Taman Bungkul juga sering menjadi lokasi acara komunitas dan konser musik, menambah animasi dan kehidupan di sekitar area taman. Dengan keindahan alam kota yang dihadirkannya dan berbagai atraksi menarik, Taman Bungkul merupakan tempat yang sangat populer di Surabaya untuk bersantai, berinteraksi, dan menikmati berbagai hiburan kota.

Jam Buka : 24 jam 

Harga Tiket : gratis

Akses : Stasiun Surabaya Gubeng, misalnya, jaraknya 4 kilometer dengan durasi berkendara hampir 10 menit. 

Tunjungan Plaza 

TUnjungan plaza Surabaya | sumber : detik.com/jatim/berita/d-6032982/sejarah-singkat-tunjungan-plaza

Tunjungan Plaza adalah salah satu objek wisata perbelanjaan yang menjadi ikon Surabaya, Indonesia. Keunikan utamanya adalah gabungan antara suasana perbelanjaan yang mewah dan arsitektur yang megah. Plaza ini memiliki beberapa lantai dengan berbagai toko, butik, dan restoran yang menawarkan beragam produk, dari fashion hingga kuliner.

 Di tengahnya, Anda akan menemukan taman yang hijau dan terawat dengan fasilitas air mancur yang indah. Selain itu, Tunjungan Plaza juga sering menjadi tempat acara seni dan budaya, seperti pameran seni, pertunjukan musik, dan pameran kuliner, yang menambah daya tariknya. 

Keunikan lainnya adalah hubungannya dengan sejarah Surabaya, karena bangunan ini memadukan unsur modern dan tradisional yang menggambarkan perkembangan kota ini. Dengan segala keunikan dan fasilitasnya, Tunjungan Plaza merupakan tujuan wisata yang menarik bagi pengunjung lokal dan turis, serta menjadi simbol kebanggaan Surabaya.

Jam Buka : 10.00 – 22.00

Harga Tiket : Gratis 

Masjid Laksamana Ceng Ho

Masji dengan gaya khas tiong hoa | sumber : /ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-timur/masjid

Kalau masjid pada umumnya terlihat memiliki kebudayaan and ciri khas dari negara Arab. Masjid Laksamana Ceng Ho membawa perbedaan yang membuatnya jadi unik  Hal itulah yang membuat masjid Laksamana Ceng Ho jadi unik.

 Sesuai dengan namanya, Masjid Laksamana Ceng Ho keunikannya terletak pada gaya arsitekturnya. Gaya arsitektur Tionghoa yang terkenal dengan relief naga dan patung singa namun terdapat lafaz Allah dengan huruf Arab. 

Masjid ini termasuk wisata Surabaya yang terkenal. Dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap Laksamana Ceng Ho yang memiliki peranan penting dalam menyebarkan agama Islam di Surabaya.

Jam Buka : Setiap hari selama 24 jam. 

Harga Tiket : Gratis 

Akses : masuknya melalui gedung sekolah yang ada lapangan olahraganya. 

Surabaya North Quay

Wisata surabaya norhtquay | sumber : prindonesia.co/detail/393/Surabaya-North-Quay-

Surabaya North Quay adalah destinasi wisata yang menghadirkan keunikan tersendiri di kota pelabuhan Surabaya. Dikenal juga sebagai pelabuhan utara, tempat ini menawarkan pengalaman yang menarik untuk mengamati aktivitas pelabuhan yang sibuk, dengan kapal-kapal besar yang bersandar dan berlabuh di sekitarnya.

 Keunikan utama dari Surabaya North Quay adalah Anda dapat melihat langsung kehidupan sehari-hari pelaut dan aktivitas bongkar muat kargo yang berlangsung di pelabuhan. Wisatawan dapat menikmati pemandangan spektakuler dari pelabuhan dan juga mengeksplorasi berbagai dermaga dan tempat bersejarah di sekitarnya. 

Selain itu, area ini juga merupakan tempat yang nyaman untuk menikmati makanan laut segar di restoran-restoran lokal. Ini adalah tempat yang ideal untuk merasakan atmosfer kehidupan pelabuhan yang pulsatif dan mengalami sejarah dan budaya maritim Surabaya secara langsung.

Jam Buka : hari Selasa hingga Kamis adalah pukul 12.00 – 19.00 WIB.

Harga Tiket : Rp10.000 – Rp50.000 

Akses : Untuk akses ke Surabaya North Quay sendiri sangatlah mudah karena berada di kompleks Pelabuhan Tanjung Perak.

Wisata Perahu di Kalimas

Wisata perahu dimalam surabaya | sumber : tiketwisata.surabaya.go.id/destination/wisata-perahu-kalimasrute-

Wisata kayu di Kalimas adalah pengalaman yang unik yang memungkinkan pengunjung untuk merasakan pesona alam dan budaya Surabaya. Kawasan ini terkenal dengan dermaga kayu tua yang mengapung di atas sungai Kalimas. Keunikan wisata kayu ini terletak pada suasana klasik yang dihadirkannya.

 Di mana Anda dapat melihat dermaga-dock kuno yang terbuat dari kayu yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda. Dermaga kayu tersebut memancarkan pesona sejarah, dan wisatawan dapat mengeksplorasi sambil menikmati pemandangan sungai dan aktivitas sehari-hari warga setempat yang berhubungan dengan sungai. Juga, wisata ini menawarkan kesempatan untuk mencicipi makanan dan kuliner lokal di sekitarnya, yang merupakan tambahan istimewa bagi para pengunjung. Keseluruhan pengalaman ini menjadikan wisata kayu di Kalimas sebagai destinasi yang unik dan menarik di Surabaya.

Jam Buka : 15.00

Harga Tiket :  Rp 4.000 –  Rp20.000 per orang

Akses :  Pintu masuk dan titik akhir dari rute ini adalah Taman Prestasi

Jalan Gula

Jalan Gula Surabaya | sumber : alisson.id/jalan-gula-surabaya-akibat-aksi-vandalisme-bisa-rusak-ikoniknya

Jalan Gula di Surabaya adalah sebuah objek wisata yang menawarkan pengalaman yang unik dan berbeda. Terletak di Jalan Gula, Surabaya, objek wisata ini mengajak pengunjung untuk merasakan suasana lama Surabaya yang penuh dengan sejarah dan warisan budaya. Jalan Gula sendiri adalah sebuah kawasan yang dulunya merupakan pusat perdagangan gula pada masa kolonial Belanda.

 Keunikan utama dari objek wisata ini adalah arsitektur bangunan-bangunan tua yang masih terjaga dengan baik, mengingatkan kita pada masa lalu yang kaya. Pengunjung dapat menjelajahi jalan-jalan kecil yang dipenuhi dengan toko-toko antik, galeri seni, kafe, dan restoran yang menyajikan kuliner khas Jawa Timur. 

Selain itu, keberadaan seniman jalanan dan pertunjukan budaya lokal menambah daya tarik Jalan Gula. Dengan nuansa sejarah yang kuat dan kesempatan untuk menjelajahi kekayaan budaya lokal, Jalan Gula Surabaya menjadi destinasi wisata yang menarik bagi siapa saja yang ingin merasakan pesona Surabaya yang otentik.

Nama Jalan Gula di Surabaya saat ini sedang naik daun. Padahal Jalan Gula adalah sebuah gang sempit yang terletak di antara bangunan tua. Meski terlihat lapuk, wisata Surabaya yang terkenal ini sukses merebut hati mereka yang menyukai nuansa vintage sehingga mereka bisa berfoto dengan background dinding bangunan lapuk.

House of Sampoerna

Objek Wisata House sampoerna surabaya | sumber : ayorek.org/space/house-of-sampoerna/

House of Sampoerna adalah museum tembakau dan kantor pusat Sampoerna yang berlokasi di Surabaya. Gaya arsitektur wisata Surabaya yang terkenal ini dipengaruhi oleh kompleks bergaya kolonial Belanda dibangun pada tahun 1862, dan kini menjadi situs sejarah yang dilestarikan.

Bangunan ini sebelumnya digunakan sebagai panti asuhan yang dikelola oleh Belanda, lalu dibeli pada tahun 1932 oleh Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna, dengan tujuan untuk digunakan sebagai fasilitas produksi rokok besar pertama Sampoerna. Wisata Surabaya yang terkenal ini terdiri dari auditorium pusat yang besar, dua bangunan kecil di sisi timur dan barat, serta banyak struktur ruang terbuka besar berlantai satu di belakang auditorium pusat. 

Bangunan samping diubah menjadi tempat tinggal keluarga dan struktur besar seperti gudang digunakan untuk menampung fasilitas pengolahan tembakau dan cengkeh, pencampuran, penggulungan tangan dan pengemasan, pencetakan dan pengolahan barang jadi.

Jam Buka : 09.00 – 18.00

Harga Tiket :  Gratis

Akses :   Jalan Sampoerna, Desa Krembengan Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Lokasi ini ada di tengah kota sehingga mudah untuk Anda jangkau dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Akses jalannya juga sudah sangat bagus.

Ayo Seru-Seruan Di Objek-Objek Wisata Surabaya

Dalam menutup pembahasan tentang obyek wisata di Surabaya, kita tidak bisa mengabaikan pesona yang ditawarkan oleh kota ini. Surabaya telah berkembang menjadi destinasi yang menarik dengan berbagai pilihan atraksi menarik. Dari warisan sejarah dan budaya yang kaya hingga hiburan modern dan kuliner lezat. 

Surabaya memiliki sesuatu untuk semua orang. Kami berharap bahwa setelah menjelajahi pesona Surabaya, para wisatawan akan membawa pulang kenangan yang tak terlupakan dan merindukan peluang untuk kembali mengeksplorasi semua yang kota ini tawarkan.

Ketika Anda berkunjung ke Surabaya, Anda akan menemukan bahwa kota ini tidak hanya menawarkan atraksi wisata yang luar biasa, tetapi juga keramahan penduduk setempat yang hangat. 

Semangat dan keberanian kota “Pahlawan” ini tercermin dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, Surabaya bukan hanya destinasi wisata yang menarik, tetapi juga tempat yang mempesona dengan karakter dan pesona uniknya sendiri.

 Dengan itu, kami mengundang Anda untuk menjelajahi Surabaya dengan mata dan hati terbuka dan mengalami keindahan kota ini dalam segala bentuknya. Terima kasih telah mengikuti perjalanan kami melalui obyek wisata Surabaya, dan semoga Anda memiliki pengalaman yang luar biasa saat mengunjungi kota ini.

Baik itu tadi adalah daftar objek wisata disurabaya lengkap dengan keunikan mereka masing-masing. Untuk lebih memudahkan lagi dimasing-masing tempat wisata yang disebutkan. Dia juga disebutkan jam buka, tarif, dan aksesibilitas untuk mencapai objek wisatanya. Semoga bermanfaat dan ayo baca-baca juga artikel lainnya dari greenbuildingenergysavings