tempat wisata di pemalang

Saatnya menemukan keindahan tempat wisata di Pemalang, permata tersembunyi Jawa Tengah. Terletak di jalur utama pantura, Pemalang mempersembahkan destinasi wisata yang memukau untuk memanjakan mata Anda.

Tidak hanya pantai yang menarik, Pemalang juga menawarkan pesona alam lain yang tak kalah menakjubkan. Mulai dari perbukitan hingga air terjun, semua hadir untuk Anda nikmati di daerah ini. Penasaran dengan destinasi wisata Pemalang yang sedang diminati? Yuk, simak daftar berikut ini!

Eksplorasi Tempat Wisata di Pemalang yang Wajib Anda Kunjungi

tempat wisata di pemalang

1. Hutan Mangrove Mojo

Temukan keajaiban alam di Hutan Mangrove Mojo, terletak di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Luasnya mencapai 2.350 hektar, dengan 410 hektar sebagai kawasan hutan mangrove dan 1.940 hektar sebagai mangrove di pertambakan.

Nikmati jelajah di dalamnya melalui jalur kayu dengan spot foto yang menakjubkan. Beragam jenis tumbuhan dan spesies burung menjadi daya tarik utama.

2. Curug Bengkawah

Di kaki Gunung Slamet, tersembunyi Curug Bengkawah . Air terjun setinggi 15 meter ini menawarkan keindahan tempat wisata di Pemalang berbasis alam yang memukau, serta wahana arung jeram dengan rute 7 km yang menantang. Buka dari pukul 07.00 hingga 17.00, dengan tiket masuk Rp6.000 per orang dan penyewaan perahu karet mulai dari Rp150.000.

3. Pantai Widuri

Jelajahi keindahan Pantai Widuri di Desa Widuri, Kecamatan Widuri, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Pasir berwarna cokelat dan deburan ombak yang tenang membuatnya menjadi tempat ideal untuk bersantai. Buka 24 jam dengan tiket masuk Rp3.000 per orang, akses mudah dijangkau oleh segala jenis kendaraan. Nikmati serunya bermain air dan menjelajahi kuliner lokal.

4. Kedung Bening

Jelajahi surga tersembunyi di Desa Majalangu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, dengan Kedung Bening. Telaga kecil yang terbentuk dari cekungan alami ini menampilkan air berwarna hijau toska yang memesona akibat mineral.

Meskipun agak jauh dari kota, namun setibanya di sana, keindahan alamnya akan menghapus semua kelelahan. Nikmati kesegaran dan keindahan alam yang ditawarkan oleh Kedung Bening.

5. Kedung Bunder

Di Desa Bodas, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, masih terdapat surga kedua yang dinamakan Kedung Bunder. Dekat dengan Kedung Bening, Kedung Bunder menawarkan cekungan air yang jernih dengan air terjun mini dan pepohonan yang rindang.

Berenang, melompat dari tebing, atau sekadar duduk di batu besar, semua dapat kamu lakukan pada tempat wisata di Pemalang ini. Meskipun membutuhkan sedikit perjuangan untuk mencapainya, namun pengalaman di Kedung Bunder akan membuatmu terkesan.

6. Taman Langit Pulosari / Bukit Tangkeban

Di Nyalembeng, Pulosari, Pemalang, Jawa Tengah, terletak Taman Langit atau Bukit Tangkeban, destinasi favorit di Pemalang saat ini. Jembatan kaca modern dengan latar belakang Gunung Slamet yang megah menjadi daya tarik utama tempat wisata di Pemalang ini.

Bermain ATV, mencoba Sky Bike, menikmati sunrise atau sunset, semua bisa kamu lakukan di Taman Langit Pulosari. Fasilitas lengkap termasuk kafe membuat pengalamanmu di sini tak terlupakan.

7. Bukit Samoan

Bukit Samoan di Desa Siremeng, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, menjadi magnet bagi pencinta sunrise. Meskipun jalurnya masih cocok untuk pendaki pemula, keindahan yang disuguhkan tak kalah dengan Gunung Prau.

Pesona luar biasa Bukit Samoan menarik perhatian banyak orang untuk mengunjunginya. Dikelilingi oleh perbukitan yang cocok untuk pemula yang sedang belajar mendaki gunung, Bukit Samoan menawarkan pengalaman mendaki yang tak terlupakan.

8. Pantai Blendung

Pantai Blendung, terletak di Duwet, Blendung, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, merupakan tempat wisata di Pemalang yang ramah untuk keluarga dan baru saja ditemukan. Spot foto yang indah membuatnya sempurna untuk momen bersama keluarga, terutama saat matahari tenggelam di pukul 17.00.

Keramahan penduduk sekitar membuat pengalaman di Pantai Blendung semakin menyenangkan, dengan fasilitas lengkap seperti kamar mandi, mushola, dan penginapan.

9. Curug Jajar

Di Desa Badak, Kecamatan Belik, Pemalang, Jawa Tengah, tersembunyi Curug Jajar, sebuah curug indah dengan ketinggian sekitar 20 meter. Aksesnya mudah, hanya 7 menit dari perumahan penduduk. Curug Jajar buka setiap hari 24 jam tanpa tiket masuk, cukup bayar biaya parkir saja untuk menikmati dua air terjun sejajar yang menawan. Suasana tenangnya juga sempurna untuk melepas penat.

10. Bukit Melogi Cinta

Bukit Melogi Cinta, terletak di Desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari, Pemalang, merupakan destinasi wisata alam yang sedang booming di Pemalang. Bukit yang berada di ujung selatan Pemalang ini mulai populer berkat ekspos para pendaki Gunung Slamet di media sosial.

Berada di kaki Gunung Slamet, tepatnya di area basecamp Desa Clekatakan, Bukit Melogi Cinta menawarkan panorama alam yang memukau. Dari tempat wisata di Pemalang ini, kamu dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dengan hanya 1 jam perjalanan dari pusat kota.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung dapat menikmati berbagai wahana yang tersedia, seperti rumah pohon, flying fox, area camping, dan spot foto Instagramable lainnya. Wisata ini buka setiap hari 24 jam dengan tiket masuk Rp10.000 saja. Tersedia juga beberapa gardu pandang untuk memperluas pengalaman wisatawan.

Dengan beragam pesonanya, seluruh tempat wisata di Pemalang menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Ajak keluarga dan teman-temanmu untuk merasakan pesona alam yang mempesona ini!