10 Tips Naik Travel Ke Wisata Bali Bagi Pemula

tips naik travel ke bali

Penting untuk diperhatikan buat para sobat touris dimanapun berada. Khususnya buat kalian yang mencoba pertama kali pergi traveling ke Bali hanya menyempatkan waktu libur terbatas dari kantor. Kira-kira travel apa yang cocok untuk efisien waktu & hemat biaya. Kali ini mimin akan coba sharing tips naik travel yang tepat untuk wisata ke Bali. Berikut adalah beberapa tips untuk naik travel menuju wisata Bali:

  1. Pilih Travel yang Terpercaya: Pastikan memilih penyedia travel yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Cari ulasan atau rekomendasi dari orang lain untuk memastikan layanan yang baik dan aman.
  2. Booking Sebelumnya: Untuk memastikan tempat di travel, sebaiknya lakukan pemesanan tiket sebelumnya. Ini dapat membantu Anda menghindari keterlambatan atau kehabisan tempat, terutama saat musim liburan atau puncak wisata.
  3. Cek Jadwal Keberangkatan: Pastikan untuk mengecek jadwal keberangkatan travel dan tiba di tempat keberangkatan beberapa saat sebelum waktu yang ditentukan.
  4. Packing yang Efisien: Bungkus barang bawaan Anda dengan efisien dan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan membawa dokumen perjalanan, seperti tiket dan identitas, serta perlengkapan pribadi yang diperlukan.
  5. Kenali Rute Perjalanan: Jika memungkinkan, kenali rute perjalanan sebelumnya. Hal ini dapat membantu Anda merencanakan waktu istirahat, mengetahui lokasi toilet, dan memahami perkiraan durasi perjalanan.
  6. Sesuaikan Diri dengan Aturan Travel: Ikuti aturan dan ketentuan yang berlaku di travel tersebut. Hal ini mencakup kebijakan pembatalan, batasan berat barang bawaan, dan peraturan lainnya.
  7. Bawa Beberapa Camilan dan Air Minum: Meskipun travel mungkin menyediakan fasilitas makan dan minum, tetapi membawa camilan ringan dan air minum dapat menjadi ide bagus untuk mengatasi lapar atau haus di perjalanan.
  8. Berkomunikasi dengan Penumpang Lain: Berkomunikasi dengan penumpang lain dapat membuat perjalanan lebih menyenangkan. Namun, tetaplah memperhatikan privasi dan kenyamanan orang lain.
  9. Perhatikan Barang Bawaan Berharga: Simpan barang berharga, seperti ponsel, uang, dan paspor, di tempat yang aman dan mudah diawasi selama perjalanan.
  10. Berhati-hati dengan Barang Bawaan: Pastikan untuk membawa pulang semua barang bawaan Anda ketika turun dari travel. Periksa kembali tempat duduk dan bagian penyimpanan Anda sebelum meninggalkan kendaraan.

Dengan memperhatikan tips ini, diharapkan perjalanan Anda menuju wisata Bali menggunakan travel dapat berjalan lancar dan menyenangkan.

Lebih Hemat Naik Kereta, Bus Atau Pesawat Untuk Travel Ke Bali

tips naik travel ke bali

Pertimbangan hemat biaya antara naik kereta, bus, atau pesawat untuk perjalanan ke Bali dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti jarak tempuh, waktu perjalanan, dan biaya tiket. Berikut adalah beberapa pertimbangan:

  1. Jarak Tempuh:

Jika Anda berada di pulau-pulau terdekat seperti Jawa, naik kereta atau bus mungkin menjadi pilihan yang lebih ekonomis.

Jika Anda berada di luar pulau besar, seperti Sumatra atau Kalimantan, maka pesawat mungkin menjadi pilihan utama karena jarak yang jauh.

  1. Waktu Perjalanan:

Kereta atau bus mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pesawat. Jika waktu perjalanan bukan faktor utama, Anda mungkin memilih opsi yang lebih murah.

  1. Biaya Tiket:

Harga tiket kereta atau bus biasanya lebih terjangkau daripada tiket pesawat. Namun, harga juga dapat bervariasi tergantung pada waktu pemesanan, musim perjalanan, dan jenis layanan yang dipilih.

  1. Promo dan Diskon:

Maskapai penerbangan dan penyedia layanan kereta atau bus seringkali menawarkan promo atau diskon tertentu. Mengecek promosi yang berlaku dapat membantu Anda mendapatkan harga yang lebih murah.

  1. Fleksibilitas:

Kereta dan bus mungkin lebih fleksibel dalam hal jadwal dan pemberhentian di berbagai tempat di sepanjang perjalanan, yang dapat memengaruhi biaya perjalanan.

  1. Biaya Tambahan:

Saat membandingkan harga tiket, perhatikan biaya tambahan seperti biaya transportasi lokal setelah tiba, biaya kelebihan bagasi, dan biaya lainnya yang mungkin timbul.

  1. Kemudahan Akses:

Beberapa destinasi mungkin lebih mudah diakses melalui pesawat terutama jika terletak di pulau yang lebih terpencil atau jauh dari jalur kereta atau bus utama.

Sebelum memutuskan, disarankan untuk membandingkan harga tiket, mempertimbangkan faktor-faktor di atas, dan memilih opsi yang paling sesuai dengan anggaran dan preferensi perjalanan Anda.

Budget Yang Perlu Disiapkan Untuk Traveling Ke Bali

tips naik travel ke bali

Biaya perjalanan ke Bali dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lama tinggal, tingkat akomodasi, pilihan transportasi, dan gaya hidup pribadi. Berikut adalah perkiraan budget harian untuk beberapa kategori utama:

  1. Akomodasi:

Hotel: Budget hotel dapat dimulai dari sekitar Rp200.000 hingga Rp500.000 per malam, sedangkan hotel yang lebih mewah dapat melebihi Rp1.000.000 per malam.

  1. Makanan:

Makan di warung atau restoran lokal dapat berkisar antara Rp30.000 hingga Rp100.000 per makan, tergantung pada tempat dan jenis makanan.

Jika Anda ingin menghemat lebih banyak, mencoba makanan di warung atau warung makan lokal bisa menjadi pilihan yang terjangkau.

  1. Transportasi:

Opsi transportasi di Bali meliputi sewa motor/scooter (sekitar Rp50.000 – Rp100.000 per hari), taksi, dan transportasi umum.

Biaya taksi dapat bervariasi, tergantung pada jarak dan negosiasi harga. Penggunaan aplikasi ridesharing juga dapat lebih ekonomis.

Jika Anda menggunakan transportasi umum seperti angkot atau bus, biaya tiket bisa sangat terjangkau.

  1. Aktivitas dan Wisata:

Biaya untuk aktivitas dan wisata akan bervariasi. Harga tiket masuk ke situs-situs wisata, taman hiburan, atau aktivitas air dapat berkisar dari Rp50.000 hingga Rp500.000 atau lebih.

  1. Belanja dan Hiburan:

Budget belanja tergantung pada preferensi pribadi. Pasar tradisional, toko suvenir, dan mal menyediakan berbagai barang dengan harga yang berbeda.

  1. Sim Card dan Internet:

Sim Card dengan paket data dapat dibeli dengan harga sekitar Rp50.000 hingga Rp100.000, tergantung pada operator dan kuota yang dibutuhkan.

  1. Asuransi Perjalanan:

Meskipun opsional, memiliki asuransi perjalanan bisa memberikan perlindungan finansial dalam situasi darurat. Harga asuransi akan bervariasi tergantung pada penyedia dan cakupan yang dipilih.

Selain itu, selalu ada faktor tak terduga yang perlu diperhitungkan. Budget di atas hanya perkiraan dan dapat berubah sesuai dengan preferensi dan gaya hidup individu. Pastikan untuk merencanakan secara cermat dan mempertimbangkan semua aspek perjalanan Anda.